banner 728x250

Personil Polres Morut, Selalu yang Pertama Hadir Bantu Warga Saat Banjir

banner 120x600

MORUT- Intensitas hujan yang sangat tinggi dibeberapa wilayah di Kabupaten Morowali Utara beberapa hari ini membuat sebagian daerah terendam banjir.

Menanggapi fenomena tersebut, Kepolisian Resor Morowali Utara, menerjunkan personelnya untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir. Personil Polres Morut selalu yang pertama hadir saat warga membutuhkan pertolongan.

Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto, S.I.K., M.H mengatakan bahwa curah hujan yang ekstrim beberapa hari ini membuat beberapa wilayah di Kabupaten Morowali Utara terendam banjir.Selasa (9/7/2024)

“Ada beberapa desa yang terdampak banjir beberapa hari ini diantaranya Desa Tokala Atas, Desa Uemasi, Desa Tirongan Atas dan desa Kolombang di Kecamatan Bungku Utara yang mengakibatkan rumah warga terendam air setinggi 50 cm akibat meluapnya sungai Siombo dan Solata. Selain itu Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Desa Korempeli dan Desa Lemboroma putus total akibat meluapnya sungai Tambalako setinggi 1 meter sehingga arus lalu lintas lumpuh total dan pada pukul 20.00 Wita semalam sudah surut dan arus lalu lintas kembali berjalan dengan normal.” Terang Kapolres.

“Kemarin juga kami mendapat laporan bahwa ada 10 rumah di Desa Tandoyondo Kecamatan Soyo Jaya juga terendam banjir akibat meluapnya sungai Busanga dan personel kami telah membantu evakuasi barang-barang berharga warga tersebut, dan tadi malam debit air sungai Tambalako di Desa Mohoni meluap sehingga mengakibatkan rumah warga di Desa Mohoni dan Desa Ungkea Kecamatan Petasia Timur terendam banjir, dan kami juga telah menurunkan personel untuk melakukan evakuasi serta pertolongan kepada warga dan melakukan pengaturan lalu lintas di jalan trans Sulawesi yang terendam banjir” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi bencana banjir di daerah lain , yang tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi dengan melihat kondisi serta situasi cuaca yang ektrim, kami telah menyiagakan personel kami di wilayah-wilayah di setiap Polsek/Kecamatan

“Kami juga tentunya, melakukan koordinasi serta bekerjasama dengan pihak BPBD Kabupaten Morowali Utara, TNI serta stake holder lainnya” tambah Kapolres

Kami juga akan melakukan patroli rutin serta pengamanan rumah warga yang terdampak banjir untuk mencegah tindak kejahatan seperti aksi pencurian oleh oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan situasi bencana alam.

Bagi masyarakat yang mendapati/menemukan permasalahan di lapangan agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian setempat atau Bhabinkamtibmasnya.

“Hal ini kami lakukan untuk memastikan situasi di wilayah hukum Polres Morowali Utara tetap aman dan kondusif pasca-banjir,” ujarnya.

Dan kami mengharapkan kepada seluruh warga agar tetap berhati-hati dan berjaga-jaga untuk mengantisipasi bencana susulan.