Senin, 15 April 2024
banner 728x250

Pemberdayaan Komunitas Jahit Desa Bunta: PT GNI Dorong Pengembangan Fasilitas dan Prasarana

MORUT- PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) bekerja sama dengan PT Stardust Estate Investment (PT SEI), senantiasa berupaya untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di lingkar industri melalui berbagai inisiatif dalam Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya melalui program Peri Berkarya, Penjahit Mandiri Berkah Masyarakat Jaya yang dimulai pada Sabtu (11/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan kelompok menjahit melalui kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di desa sekitar industri, tepatnya Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara.

PT GNI akan memfasilitasi kelompok menjahit melalui Peri Berkarya dengan memberikan sejumlah alat dan mesin jahit untuk membantu kegiatan operasional penyediaan seragam perusahaan. Selain itu, PT GNI juga memberikan pelatihan vokasi menjahit bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar serta memberikan pendampingan pelatihan manajemen keuangan hingga monitoring.

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat desa lingkar
industri.

“Salah satu fokus kami adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lingkar industri melalui program tanggung jawab sosial. Pada Peri Berkarya ini, kami berharap dapat membantu masyarakat dalam mendorong peningkatan ekonomi mereka,” ucap Mellysa dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta (11/11).

Mellysa menjelaskan, program Peri Berkarya juga merupakan inisiatif dari PT GNI dan PT SEI untuk mendukung pertumbuhan dan produktivitas serta meningkatkan sinergitas antara PT GNI dan masyarakat sekitar.

“Kelompok menjahit dipilih, untuk menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat dapat memiliki dan meningkatkan keterampilan dan jiwa kewirausahaannya. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud nyata kerjasama PT GNI dengan Kementerian
Ketenagakerjaan melalui BBPVP Makassar,” tambah Mellysa.

Program Peri Berkarya yang rencananya akan berjalan pada bulan Desember 2023 hingga Januari 2025, dengan menyasar kepada masyarakat di Desa Bunta ini akan melibatkan berbagai stakeholder seperti Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Makassar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Morowali Utara, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian Kabupaten Morowali Utara, Kecamatan Petasia Timur, Kepala Desa Bunta, Kelompok Menjahit Desa Bunta dan BUMDES Bunta.

banner 120x600