banner 728x250

Soal Blasting Perdana PT. ALJ, Arman Marunduh:’Saya minta untuk bicara, memastikan lingkungan tetap terjaga’

banner 120x600

MORUT- PT. Afid Lintas Jaya Lakukan Blasting (Peledakan) Perdana Produksi Batu Kapur di Morowali Utara. Rabu, 08 November 2023 sekitar pukul 16.00 wita.

Jurnalis Berita Morut yang meliput langsung Blasting di lokasi peledakan berada dalam radius 500 meter.

Sebelum kegiatan di mulai, hadir tokoh muda dan pemerhati lingkungan Arman Marunduh yang menyampaikan masukan sekaligus melihat langsung Blasting perdana hari ini.

Arman berharap proses Blasting ini berjalan baik,

“Saya cuma memastikan bahwa perusahaan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Kalau sesuai dengan hasil sosialisasi kita dikantor camat dengan radius 500 meter, dengan sistem peledakan yang sudah di jelaskan kemarin, mudah-mudahan akan berjalan dengan baik, kita juga berharap seperti itu, Dengan melihat lokasi seperti ini sepertinya agak jauh dari pemukiman warga. Kami juga ingin memastikan jalur sumber-sumber air, karna permasalahan utama,”ujarnya

Ia mengatakan jika kondisi sumber air Bahontula saat ini sedang kering. Berharap kedepan bisa ada sinergi antara Perusahaan dan pemerhati lingkungan,

“Kami mengambil air dari sungai-sungai yang muaranya ke sungai Bahontula. Kami tidak mengambil air dari fasilitas pemerintah. Sekarang ini kondisinya memang kering. Kami berharap kedepan ada sinergitas antara kami pemerhati lingkungan dan perusahaan.Kami bukan anti investasi sekali lagi, tetapi kami meminta perusahaan juga jangan alergi jika dikritik, kalau memang ada hal-hal yang bisa kami beri masukan,” ujarnya.

External Relation MGR PT. Afit Lintas Jaya Ratnawati Iriani merespon positif penyampaian tersebut,

“Kami sangat merespon positif masukan dari teman-teman pemerhati lingkungan. Kegiatan Blasting perdana yang dilakukan ini adalah pertanda di mulainya produksi batu kapur. Blasting ini jaraknya paling tidak radius 500 meter dari pemukiman warga,” ujar Ratnawati Iriani.

Ia juga menambahkan perusahaan akan bertanggung jawab bila Blasting tersebut berdampak kepada warga khususnya yang berada dekat dengan kawasan Produksi Batu Kapur.