Senin, 15 April 2024
banner 728x250

Lapas Kolonodale Gelar Edukasi Bersama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia

Kolonodale – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale bersama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) melaksanakan sosialisasi dan edukasi tentang penyakit Kanker dan Tumor bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sabtu, (23/09).

Terus meningkatnya jumlah penderita Kanker dan Tumor di Indonesia dan penderita yang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan informasi yang diterima oleh masyarakat tentang gejala maupun pemicu penyakit Kanker dan Tumor, terlebih lagi WBP yang berada didalam Lapas yang terbatas dalam mendapatkan informasi.

Untuk itu Lapas Kolonodale menggandeng YSKI untuk memberikan edukasi kepada WBP tentang mengenali penyakit Kanker dan Tumor, mulai dari pemicu, gejala dan deteksi awal serta cara sehat dan hemat menghindari penyakit kanker dan tumor.

Tim sosialisasi dari YSKI disambut langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Kolonodale Arifin Akhmad diruang kerjanya, Ketua Tim YSKI Ida Rizkianingsih mengucapkan terima kasih Kepada Kalapas beserta jajaran atas perkenannya memberikan izin kepada dirinya bersama tim untuk melaksanakan sosialisasi tentang penyakit Kanker dan Tumor.

“Kami bersama tim dari YSKI akan melaksanakan kegiatan promotif dan berbagi informasi melalui sosialisasi dan edukasi tentang Kanker dan Tumor berdasarkan Permenkes No. 34 tahun 2015 tentang Kanker” ucap Ida.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi kali ini dilaksanakan di aula Dr Sahardjo Lapas Kolonodale yang diikuti oleh 60 orang perwakilan WBP, membuka kegiatan Kalapas Kolonodale menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dan edukasi ini sangat penting bagi WBP sebagai wadah menambah pengetahuan tentang penyakit Kanker dan Tumor.

“Saya berharap seluruh WBP yang mengikuti kegiatan edukasi dan sosialisasi ini dapat serius dan bersungguh-sungguh, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kita untuk mengetahui dan mengenali pemicu, gejala dan cara menghindari penyakit Kanker dan Tumor”

Kalapas Kolonodale juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan dari pemenuhan hak WBP pada UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan pada Pasal 9 Huruf E yang menyatakan setiap Narapidana berhak untuk mendapatkan layanan informasi.

“Layanan informasi tidak hanya didapatkan melalui media cetak maupun media elektronik seperti koran, majalah, buku dan Televisi tetapi layanan informasi bagi WBP juga dapat dipenuhi melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi seperti pada hari ini” tutur Kalapas Kolonodal Arifin Akhmad.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang penyakit Kanker dan Tumor berlangsung interaktif dengan tanya jawab antara WBP dengan pemateri dari Tim Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Setelah kegiatan sosialisasi Tim dari YSKI dipersilahkan untuk mengunjungi green haouse hidroponik Lapas Kolonodale.

banner 120x600