banner 728x250

Kapolri Cup 2023 Tim Putra Sulteng Menang Dramatis Atas Riau

banner 120x600

GRESIK – Tim Putra Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil menyusul keksusesan tim putri setelah berhasil menang di laga perdana babak 16 besar wilayah timur kejuaraan Bola Voli Kapolri Cup 2023. Sulteng menang dramatis 3-2 atas provinsi Riau pada partai yang digelar di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Senin (14/08/2023).

Kemenangan Sulteng diraih susah payah atas tim Riau yang dihuni pemain-pemain muda. Set pertama berlangsung ketat. Pemain timnas, Dimas Saputra di posisi outside hitter masih jadi bintang lapangan di laga ini. Servicenya yang kencang dan terukur merepotkan pemain Riau mengembalikan poin dengan baik. Sulteng akhirnya menjaga jarak 15-10 di set ini dan memaksa Riau mengambil teknikal time out.

Sulteng tak bisa menjaga marjin poin di set ini. Tim Riau cukup solid berhasil mencetak angka demi angka lewat blok pemain mereka. Sulteng akhirnya harus menyerah lewat rally poin, 26-24.

Memasuki set kedua, Sulteng yang ditangani coach Eduardus Raja mencoba melakukan pergantian pemain. Dwi Sistin Yuga diganti Anggi. Demikian juga dengan middle bloker Putu Yudis digantikan Pakku Jati Sadewa. Sulteng sempat memimpin 12-10 di set ini harus tertinggal 16-12.

Hal itu memaksa pelatih kembali melakukan rotasi pemain memasukan Aziz untuk menggantikan Arif Rahman diposisi setter. Permainan jadi semakin ketat hingga jadi 24-24. Pada rally point, Riau berulang kali menggapai angka set poin. Namun Sulteng lagi-lagi diselamatkan oleh Dimas dan menang 34-32.

Di set ketiga, Sulteng terlalu banyak kehilangan poin sejak menit-menit awal. Smes lawan yang keras sangat sulit didapat middle bloker Sulteng baik Yosep maupun Paku Jati Sadewa. Aziz diposisi setter yang bermain di set kedua, kembali diganti Arief Hamdan. Permainan yang ketat di set kedua nampak hilang di gim ini. Riau yang minim melakukan kesalahan unggul jauh dan memenangkan set dengan poin 25-18.

Pada set keempat pemain Sulteng bisa menguasai pertandingan. Kesalahan demi kesalahan di set ketiga mampu dibayar dengan tuntas. Kombinasi antara smes cepat Sulteng berjalan efektif. Sulteng menang 16-25.

Memasuki set penentuan, kedua tim saling berbalas poin. Namun Sulteng bisa tampil perkasa di set ini dan membalikan keadaan jadi 3-2. “Jujur kami yang belum pernah ikut nyoba lapangan di sini, jadi ya masih butuh adaptasi. Semoga ke depannya bisa meraih hasil yang baguslah,” kata Dwi Sistin Yuga, kapten Sulteng usai laga.

Terlepas dari itu, pemain jebolan akademi Indomaret ini mengakui ketangguhan tim muda Riau. Dari partai ini, menurut dia, harus banyak yang dibenahi untuk laga selanjutnya. “Tim Riau sangat bagus, kita sangat kurang terutama untuk receive,” ucap Yuga.

Hal senada disampaikan pelatih Sulteng, Eduardus Raja. Timnya masih belum mampu mengeluarkan permainan terbaiknya. Terlepas dari adaptasi lapangan, dirinya mengakui anak asuhnya masih sangat lemah dari sisi pertahanan dan service. “Yang pasti puji Tuhan pemain bisa tampil percaya diri terutama set ke lima hingga kita bisa menang. Mudah-mudahan ke depan bisa main lebih bagus, tampil percaya diri, dan kesalahan-kesalahan pertandingan pertama harus diperbaiki,” ucap Edu sapaan akrabnya didampingi asisten Abdul Muluk, I Ketut Partayana, dan Dirham.

Tim putra Sulteng selanjutnya akan menghadapi tim Jawa Tengah. Jika menang, Sulteng dipastikan merebut tiket menuju babak final four di Pontianak, Kalimantan Barat. Tim Putra Sulteng akan kembali bermain Selasa (15/08/2023) esok pada pukul 19:00 Wita. (*)