Senin, 15 April 2024
banner 728x250
Morut  

Yesiah Ery Tamalagi Bersama PPL Pertanian Kunjungi Desa Tanauge

MORUT- Desa desa yang berada dilingkar tambang sesungguhnya harus menjadi penyedia kebutuhan pangan bagi para pekerja di perusahaan tambang.

Terkait hal tersebut, Staf Khusus Menteri Pertanian RI Yesiah Ery Tamalagi mendorong petani milenial di Desa Tanauge, desa paling dekat lingkar tambang GNI di Morowali Utara, Kamis (10/8).

Bersama PPL Pertanian Morowali Utara, Dinas Pertanian Morowali Utara dan Mantri Hewan melakukan kunjungan lapangan ke Desa Tanauge yang ditempuh melalui jalur laut selama kurang lebih satu jam.

“Tanah kalian sangat potensi untuk menghasilkan kebutuhan pangan para pekerja tambang. Ini sudah pernah ada tanaman rica yang dikelolah PKK. Kawan kawan masih bisa mengembangkan ini dengan beberapa komoditas pertanian lain termasuk ayam pedaging,” kata Yesiah Ery Tamalagi saat meninjau langsung kondisi lahan lahan tidur di desa Tanauge bersama pengurus Karang Taruna dan sejumlah pemuda.

“Rica disini pak Stafsus sangat subur, masih bebas dari hama, berbeda dengan tanaman rica di desa lain di Petasia. Tinggal perawatan kebunnya saja yang haris kita dorong,” kata Trisna selaku PPL Tanauge.

Setelah melakukan serangkaian peninjauan lapangan termasuk melihat calon lahan bagi kandang ayam pedaging, komoditas rica, tomat, kangkung dan jagung, disepakati untuk segera ditindaklanjuti dengan pembersihan lahan yang akan dilanjutkan dengan gerakan tanam bersama petani milenial di desa Tanauge.

“Ke depan lahan ini bisa menjadi percontohan buat gerakan tanam yang mengarah pada agroeduwisata dan pertanian terintegrasi karena lahan ini berada dipinggiran aliran sungai yang terus mengalir,” harap Yesiah Ery Tamalagi kepada Kadispora Morowali Utara Gatot S E Budiyanto dan Protokol Pemkab Morut, David Eliezer Loli yang ikut mendampingi turun lapangan.

banner 120x600